3/03/2013

tips buat ujian


Buat temen-temen yang sekolah SD, SMP, SMA, pokoknya semuanya deh.. Mau tau nggak cara pengisian LJK (Lembar Jawaban Komputer) yang dgunakan pas ujian biar kalian gak salah waktu mengisinya?
Digital Camera
  1. Pastikan pensil yang kamu gunakan adalah pensil 2B. Banyak merek yang biasa mempunyai standar 2B khusus untuk ujian, misalnya Faber-Castell.
  1. Siapkan juga mistar, penghapus dan juga papan untuk meletakkan lembaran jawaban. Sebaiknya jangan bawa pulpen, untuk mengurangi resiko kesalahan pengisian LJUN dengan pulpen. Nah, waktu mengisi daftar hadir silakan pinjam pulpen pengawas.
  1. Sebelum melakukan pengisian, bacalah dulu baik-baik petunjuk pengisiannya
  1. Runcingkan pensil. Jangan sampai terlalu tajam, pastikan ketajaman sesuai dengan kebutuhan. Jika terlalu tajam akan merusakan LJUN.
  1. Isilah kotak petunjuk, kemudian baru mulai menghitamkan bulatan yang ada di bawahnya.
  1. Cara menghitamkan bulatan. Mulailah dari titik tengah bulatan, bukan dari luar, kemudian diputar hingga batas lingkaran (jangan sampai melewati lingkaran)
  1. Jika ternyata kurang hitam, runcingkan pensil dan ulangi langkah ke 6 hingga lingkaran benar-benar hitam karena dalam pengisian LJK tingkat kehitamanlah yang paling utama. Pastikan benar-benar hitam untuk menghindari kesalahan saat pembacaan LJUN pada mesin OCR/OMR.
  1. Jangan mengotori atau mencoret-coret lembaran karena sangat berpengaruh sekali pada analisa LJK.
  1. Sertakan tanda tangan kalian. Jangan sampai melewatkan kotak yang telah disediakan.
  1. Jangan lupa memeriksa kembali lembar jawaban yang sudah diisi dengan teliti sebelum dikumpulkan kepada petugas.
Semoga sukses menghadapi Ujian Nasional dengan hasil yang memuaskan yahh teman-teman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar